Suprianto, Tunggal and Noer, Sri Hastuti and Rosidin, Undang (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN SOAL OPEN ENDEDUNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (1). pp. 72-85. ISSN 2442-5419

[img] Text
Artikel Tunggal Suprianto dkk.pdf

Download (476kB)
Official URL: http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan model pembelajaran group investigation berbantuan soal open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan seluruh siswa kelas VIII A berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol di SMP Muhammadiyah 1 Metro. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan validasi ahli pembelajaran, media dan materi, angket respon siswa, angket tanggapan guru, dan hasil tes pembelajaran. Perangkat pembelajaran berdasarkan kemampuan berpikir reflektif matematis dalam sistem persamaan linear dua variabel dinyatakan valid. Hasil angket respon siswa terhadap model pembelajaran group investigation berbantuan soal open ended mendapat kategori penilaian sangat praktis dan angket tanggapan guru dengan kategori sangat praktis. Hasil tes belajar siswa dianalisis dengan uji hipotesis N-gain, Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa pengembangan model pembelajaran group investigation berbantuan soal open ended terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Undang Rosidin
Date Deposited: 28 May 2020 02:17
Last Modified: 28 May 2020 02:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20772

Actions (login required)

View Item View Item