Viyanti, Viyanti and Maulina, Hervin and Sesunan, Feriansyah and Suyanto, Eko (2020) MEMPERKAYA BUKTI DAN PENALARAN: MELIBATKAN RAGAM REPRESENTASI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2019. pp. 211-220. ISSN 2716-053X

[img]
Preview
Text
2019-PROSIDING SEMNAS.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan efek sumber representasi dalam proses melatihkan keterampilan berargumentasi siswa materi fisika. Sumber representasi digunakan untuk pengorganisasian beban kognisi siswa. Beban kognisi disajikan dengan maksud menginduksi persepsi terkait produksi data dan penalaran . Tujuan penalaran diarahkan pada penyeimbangan persfektif kognitif bahwa struktur kognitif siswa telah merepresentasikan informasai konsep siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Kelas XI di wilayah kota Bandar Lampung dengan jenis penelitian deksriptif kualitatif dan sampel berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda beralasan, observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari 65% siswa terampil mensinergikan produksi data, penalaran dan integrasi konseptual yang bersumber dari berbagai reprsentasi pada level 2. Produksi berargumentasi siswa dinilai selama proses pembelajaran untuk mengukur kualitas produksi bukti, penalaran, dan integrasi konseptual. Secara keseluruhan terdeteksi sumber representasi mempengaruhi kualitas produksi argumentasi siswa. Untuk kelompok siswa yang sebelumnya memiliki pengetahuan yang rendah, representasi gambar, grafik dan tabel meningkatkan kualitas produksi data ketika dilengkapi dengan informasi singkat. Untuk kelompok siswa yang memiliki pengetahuan campuran, sumber representasi berdampak pada kualitas produksi penalaran kompleks. Hasil ini merepresentasikan sinergis efek fungsi sumber representasi, namun perlu penelitian lebih lanjut untuk mempertahankan efek sumber representasi pada materi yang lebih kompleks.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: VIYANTI
Date Deposited: 31 May 2020 02:58
Last Modified: 31 May 2020 02:58
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20735

Actions (login required)

View Item View Item