Lungit, Wicaksono and Dimas, Duta (2020) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Oleh Guru Penjas Kota Bandar Lampung. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga, 5 (1). pp. 41-49. ISSN 2541-5042

[img] Text (Penggunaan Media Pembelajaran Information, Communication and Technology (ICT))
846 - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 April 2022.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (39kB) | Request a copy
Official URL: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora

Abstract

Penggunaan Media Pembelajaran Information, Communication and Technology (ICT) dunia pendidikan sudah menjadi kebutuhan yang mendasar untuk meningkatkan proses pendidikan. Penggunaan ICT pada guru olahraga (penjasorkes) baik di sekolah dasar dan menengah di Kota Bandar Lampung relatif minim. Hal ini ditunjukan oleh masih sedikit jumlah guru menggunakan media ICT dalam pembelajaran gerak yang sangat cepat dan sulit diamati secara langsung. Kemampuan ICT yang dimiliki setiap guru Penjasorkes berbeda-berbeda baik dari penerapan maupun implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT bagi guru penjasorkes di Kota Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Prosedur pengumpulan data memalui angket yang disebar pada guru Penjasorkes. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian yang dilakukan kepada guru Penjasorkes di Kota Bandar Lampung sekolah dasar dan menegah menunjukan pada kategori sering menggunakan 38 guru dengan persentase 41,30% ini dikategorikan pada sering memanfaatkan ICT dan digunakan dalam pembelajaran rata-rata 8x persemester, kategori Sering 19 Guru dengan presentase 20,65% dengan kategori memanfaatkan ICT namun tidak sering dilihat dari 6x pertemuan persemester, kategori sedang 14 Guru dengan persentase 15,21% guru dalam memanfaatkan ICT kategori sedang karena kurangnya pengetahuan dan penggunaan ICT tersebut, Kategori Kurang 9 Guru dengan persentase 9,78% kurang memanfaatkan ICT karena fasilitas yang terbatas dan pengetahuan guru tentang ICT yang kurang, dan kategori kurang sekali menggunakan 8 guru dengan persentase 8,69% dalam pemanfaatan ICT Persemester kurang 2 kali mengggunakan. Dengan demikian guru sudah memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran, namun belum maksimal digunakan karena kondisi media pembelajaran dari fasilitas sudah memadai akan tetapi dengan jumlah yang terbatas serta perlu adanya pelatihan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Lungit Wicaksono
Date Deposited: 29 May 2020 04:05
Last Modified: 29 May 2020 04:05
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20684

Actions (login required)

View Item View Item