Pauzi, Gurum Ahmad and Nisa, Mia Abi and Samosir, Ahmad Saudi and Sulistiyanti, Sri Ratna and Simanjuntak, Wasinton (2020) Peningkatan Karakteristik Listrik Sel Elektrokimia Cu(Ag)-Zn dengan Penggunaan Anoda Tumbal Mg pada Accumulator Berbahan Air Laut. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, 08 (01). pp. 83-92. ISSN 2303-016X

[img] Text (Peningkatan Karakteristik Listrik Sel Elektrokimia Cu(Ag)-Zn dengan Penggunaan Anoda Tumbal Mg pada Accumulator Berbahan Air Laut)
1749 - Published Version

Download (33kB)
Official URL: http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/jtaf

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari penggunaan magnesium (Mg) sebagai anoda tumbal untuk melindungi Zn yang digunakan sebagai anoda dalam sel elektrokimia untuk menghasilkan energi listrik dari air laut. Sebagai katoda digunakan Cu yang dilapisi dengan logam Ag untuk melindunginya dari korosi katodik. Sel elektrikimia dirangkai terdiri dari 20 sel yang disusun secara seri, dan masing-masing sel diisi air sebanyak 300 mL. Sel elektrokimia dihubungkan dengan beban LED 3 watt 12 volt selama 72 jam dan pengambilan data karakteristik listrik meliputi tegangan, arus, dan intensitas cahaya, setiap 1 jam. Dari data tegangan dan arus, dihitung besarnya hambatan dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Mg sebagai anoda tumbal menghasilkan data karaktersitik listrik yang lebih besar dibanding dengan sel elektrokimia tanpa penggunaan anoda tumbal.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Depositing User: Gurum Ahmad Pauzi
Date Deposited: 26 May 2020 08:57
Last Modified: 26 May 2020 08:57
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20527

Actions (login required)

View Item View Item