Wijaya, Agung Putra and Yunarti, Tina and Ludinsyah, Jamal (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (2). pp. 333-343. ISSN 2442-5419
|
Text
2128-6758-1-PB_Agung Putra Wijaya Aksioma.pdf Download (486kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 346 siswa yang terdistribusi ke dalam sebelas kelas. Dari sebelas kelas tersebut diambil satu kelas secara acak sebagai sampel penelitian.Penelitianinimenggunakanone-group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh melalui tes berbentuk uraian pada materi Segiempat dan Segitiga. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode PQ4R lebih tinggi dibandingkan pemahaman konsep matematis siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan metode PQ4R namun persentase siswa yang memiliki pemahaman konsep terkategori baik tidak lebih dari 60% dari banyaknya siswa yang mengikuti pembelajaran metode PQ4R. Dengan demikian, metode PQ4R tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | AGUNG PUTR |
Date Deposited: | 26 May 2020 08:57 |
Last Modified: | 26 May 2020 08:57 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20513 |
Actions (login required)
View Item |