Safitri, Isnaini and Yolida, Berti and Surbakti, Arwin Hubungan Self-Efficacy Berdasarkan Gender Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7 (3). ISSN 2621-5594

[img]
Preview
Text
17388-39211-1-PB.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan hubungan self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kecamatan Kedaton yang berjumlah 186 yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dan angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t sampel independen dan uji pearson product moment. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara self efficacy siswa laki-laki dan siswa perempuan. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan hasil belajar IPA. Adapun nilai koefisien yang dihasilkan pada korelasi pearson menunjukkan hubungan antara self efficacy dan hasil belajar adalah “rendah”. Kata kunci : gender, hasil belajar, self-efficacy

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: ARWIN SURB
Date Deposited: 26 May 2020 01:55
Last Modified: 26 May 2020 01:55
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item