oktaria, dwita and Oktafany, OF and sari, merry indah (2019) Hubungan antara Note Taking dengan Hasil Kuis pada Perkuliahan Blok Endocrine, Metabolic, and Nutrition di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 8 (2). ISSN 2337-3776
|
Text
Eva - Des 2019.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
Note taking adalah suatu aktivitas yang membutuhkan pemahaman dan pemilihan informasi yang tepat. Note taking berguna saat mengulang kembali pelajaran dan proses dalam note taking itu sendiri membantu mahasiswa memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan note taking terhadap hasil belajar yang kali ini diukur menggunakan posttest setelah perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional study atau potong lintang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan ada 232 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer yaitu penggunaan note taking di angkatan 2016 dan data sekunder yaitu nilai kuis yang diberikan setelah perkuliahan (posttest). Penelitian ini dilaksanakan pada September 2017, bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Didapatkan hasil mahasiswa yang menggunakan note taking di angkatan 2016 adalah 105 orang menggunakan note taking dan 127 orang tidak menggunakan note taking. Sedangkan, untuk hasil kuis dilakukan uji normalitas dan didapatkan nilai p=0,000 yang berarti data tidak terdistribusi normal dengan nilai minimum 15, maksimum 65, dan median 45. Hasil uji mann whitney didapatkan nilai signifikansi 0,013. Sehingga terdapat hubungan penggunaan note taking dengan hasil posttest pada perkuliahan blok Endocrine, Metabolic, and Nutrition (EMN) di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter |
Depositing User: | DWITA OKTA |
Date Deposited: | 22 May 2020 02:36 |
Last Modified: | 22 May 2020 02:36 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20307 |
Actions (login required)
View Item |