Bernadeta Swahyuning Kasih, BSK and Nyeneng, I Dewa Putu and Distrik, I Wayan (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (2). pp. 190-203. ISSN 2442-4838

[img] Text
3. BERNADETA -IDP-WDIS JPF (S3)2-9-19.pdf

Download (618kB)

Abstract

Masalah hasil belajar IPA Fisika di SMP N 28 Bandar Lampung merupakan masalah yang harus dicari solusinya. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diharapkan dapat menjadi solusi atas masalah tersebut. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B dan IX C di SMP N 28 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah Eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest pada kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sample T-Test, nilai Sig (2-Tailed) kurang dari 0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: I DEWA PUT
Date Deposited: 20 May 2020 03:21
Last Modified: 20 May 2020 03:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20192

Actions (login required)

View Item View Item