fitri, dian widi and Herwanti, Susni and Kaskoyo, Hari (2020) PENGARUH KEBERADAAN HUTAN RAKYAT TERHADAP PENDAPATAN PETANI DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS. In: seminar konservasi. (Submitted)

[img] Text
1586172455288_PENGARUH KEBERADAAN HUTAN RAKYAT TERHADAP PENDAPATAN PETANI DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS widi semnas.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Jurnal_Sem Konservasi Widi Fix.pdf

Download (317kB)

Abstract

Kebutuhan petani hutan rakyat dalam memenuhi kebutuhan keluarga terus meningkat hal ini yang mendorong petani hutan rakyat melakukan kegiatan ekonomi. Salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan petani hutan rakyat di lokasi penelitian adalah mengelola dan menafaatkan hasil hutan kayu maupun hasil hutan bukan kayu. Hutan rakyat yang terletak di Desa Air Kubang dipilih karena pengelolaannya yang cukup efektif sehingga mampu mengekspor hasil hutannya sampai ke mancanegara. Pengaruh hutan rakyat terhadap total pendapatan petani di Desa Air Kubang belum diketahui sehingga penelitian ini penting dilakukan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh hutan rakyat terhadap total pendapatan petani. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendapatan petani hutan rakyat di tempat penelitian cukup tergantung pada hasil hutan rakyat. Diketahui bahwa hutan rakyat menyumbangkan 87% dari total pendapatan petani dan 13% didapat dari luar hutan rakyat seperti berdagang, buruh dan ternak kambing. Luas lahan grapan dan jenis tanam yang ditaman petani di lahan hutan rakyat juga sebagai salah satu yang mempengaruh besar kecilnya pendapatan petani.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Kehutanan
Depositing User: SUSNI HERW
Date Deposited: 18 May 2020 05:37
Last Modified: 18 May 2020 05:37
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19944

Actions (login required)

View Item View Item