Rahman, Bujang (2014) KEPEMIMPINAN MULTIDIMENSI KEPALA MADRASAH DARI PERSPEKTIF GURU. KEPEMIMPINAN MULTIDIMENSI KEPALA MADRASAH DARI PERSPEKTIF GURU, 14 (2). ISSN 2088-9046

[img]
Preview
Text
KEPEMIMPINAN MULTIDIMENSI KEPALA MADRASAH DARI PERSPEKTIF GURU.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Kualitas kepemimpinan kepala madrasah memiliki kontribusi yang besar terhadap keberhasilan pendidikan di madrasah. Sebagai pemimpin organisasi/institusi pendidikan, kedudukan utama seorang kepala madrasah adalah sebagai manager dan sekaligus administrator. Sebagai pemimpin dalam keberhasilan proses belajar-mengajar (instructional leaders), peran utama kepala madrasah adalah sebagai educator dan supervisor. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana kepala madrasah menjalankan perannya dalam keempat dimensi kepemimpinan tersebut dan implikasinya terhadap efektifitas penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Sebanyak 128 guru yang berasal dari 16 Madrasah (MTs dan MA) dengan latar belakang yang bervariasi dillibatkan dalam penelitian ini. Dengan Cronbach Alpha instrumen penelitian sebesar 0,917, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara empirik peran kepempimpinan kepala madrasah sebagai administrator lebih mendominasi dari peran sebagai manager dan supervisor yang relatif sama. Sementara itu, dimensi educator terlihat sangat lemah. Hal ini mengindikasikan bahwa kepala madrasah perlu meningkatkan peran dimensi edukatornya yang memberikan dampak langsung terhadap suasana akademik yang kondusif di madrasah. Idealnya, untuk mencapai outcome pendidikan di madrasah yang optimal, keempat dimensi tersebut harus dijalankan secara seimbang. Kata Kunci: kepala madrasah, manager, administrator, educator, supervisor.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Prof. Bujang Rahman
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:15
Last Modified: 20 Jul 2016 03:15
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item