Rudibyani, Ratu Betta and Sunyono, Sunyono and Alfionita, Fitri Pengaruh Isu Sosiosaintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (2). pp. 308-319. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
18949-43526-1-PB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh isu sosiosaintifik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Teknik cluster random sampling digunakan untuk pemilihan sampel, diperoleh kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pengaruh isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen berkriteria ‘tinggi’, dan effect size ‘besar’. Kesimpulan penelitian ini yaitu pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: isu sosisaintifik, kemampuan berpikir kritis, larutan elektrolit dan non-elektrolit

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: RATU BETTA . .
Date Deposited: 27 Apr 2020 02:39
Last Modified: 27 Apr 2020 02:39
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19345

Actions (login required)

View Item View Item