Rudibyani, Ratu Betta and Sunyono, Sunyono and Ledyani, Fitry Pengaruh Pembelajaran SiMaYang dalam Meningkatkan Sikap Kreatif Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (2). pp. 320-333. ISSN ISSN: 2302-1772

[img] Text
18946-43525-1-PB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan sikap kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Bandarlampung. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan dua rata-rata n-Gain sikap kreatif siswa pada kelas eksperimen memiliki kriteria tinggi. Ukuran pengaruh model pembelajaran SiMaYang memiliki hasil kategori “besar” dengan kriteria n-Gain “tinggi”. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan sikap kreatif siswa. Kata kunci : model pembelajaran SiMaYang, sikap kreatif , larutan elektrolit dan non-elektrolit

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: RATU BETTA . .
Date Deposited: 27 Apr 2020 02:39
Last Modified: 27 Apr 2020 02:39
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19342

Actions (login required)

View Item View Item