Rudibyani, Ratu Betta Peningkatkan Keterampilan Berpikir Elaborasi dan Penguasaan Konsep Elektrolisis Siswa Melalui Discovery Learning. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 2 (2). pp. 60-69. ISSN 2654-3206

[img]
Preview
Text
2650-Article Text-11741-1-10-20191209.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep elektrolisis siswa. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen dilaksanakan dengan discovery learning dan kelas kontrol digunakan pembelajaran konvensional. Peningkatan keterampilan berfikir elaborasi dan penguasaan konsep elektrolisis siswa diperlihatkan dari perbedaan nilai rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil perhitungan dan analisis data, diperoleh nilai rata-rata n-Gain kelas eksperimen untuk kemampuan elaborasi dan penguasaan konsep elektrolisis siswa yaitu 0,865 (berkategori tinggi) dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar dibandingkan kelas kontrol yang hanya 0,657 (berkategori sedang). Kesimpulan penelitian ini yaitu peningkatkan keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep elektrolisis siswa efektif dilakukan dengan discovery learning.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: RATU BETTA . .
Date Deposited: 27 Apr 2020 02:38
Last Modified: 27 Apr 2020 02:38
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19341

Actions (login required)

View Item View Item