Rahman, Bujang (2013) PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PRESTASI SISWA. PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PRESTASI SISWA, 3 (1). pp. 23-35. ISSN 2087-9849
|
Text
PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PRESTASI SISWA.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
Kinerja profesional guru ditentukan oleh persepsi guru terhadap perilaku kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap perilaku kepemimpinan kepala sekolah yang meliputi 6 (enam) indikator yaitu perencanaan, implementasi, dukungan, advokasi, komunikasi, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cross sectional design melibatkan 108 orang guru yang terdiri dari 24 guru Taman Kanak-Kanak, 26 orang guru Sekolah Dasar, 26 guru Sekolah Menengah Pertama, dan 32 guru Sekolah Menengah Atas di Provinsi Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum persepsi guru terhadap seluruh komponen perilaku kepemimpinan kepala sekolah menunjukkan kategori cukup positif. Indikator perencanan dan implementasi dipersepsikan sangat positif oleh guru, dukungan dan pengawasan dipersepsikan cukup positif, sedangkan indikator komunikasi dan advokasi dipersepsikan kurang positif. Kata kunci: persepsi, perilaku kepemimpinan, prestasi siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Prof. Bujang Rahman |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 03:15 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 03:15 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/193 |
Actions (login required)
View Item |