Adha, Muhammad Mona (2015) MEMFORMULASIKAN DAN MENGIMPLEMENTASIKAN 'CIVIC ENGAGEMENT' PADA PERGURUAN TINGGI UNTUK MENGEMBANGKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA. In: Seminar Nasional 2015, FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MALANG, Oktober 2015, Universitas Negeri Malang.

[img] Text
Artikel (M. Mona Adha).pdf

Download (376kB)

Abstract

Membangkitkan keterlibatan masyarakat adalah menjadi tugas dari perguruan tinggi untuk memunculkan dan melaksanakan program dan kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah yang positif bagi masyarakat secara keseluruhan. Membangun jembatan antara dunia akademik dengan keterlibatan masyarakat dalam kehidupan global saat ini sangat urgensi untuk dilakukan. Dengan upaya yang maksimal yang dilakukan perguruan tinggi dengan mengikutsertakan mahasiswa dan program-program berdasarkan analisa dan evaluasi komprehensif, pada nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, lalu dapat menggerakan perkembangan dan pembangunan di setiap kawasan/wilayah Indonesia dimana masyarakat dapat berperan serta dalam setiap proses berjalannya 'civic engagement' yang dilaksanakan. Program-program yang tepat sasaran harus dihasilkan/dibuat dan dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam membentuk dan mewujudkan sikap 'leadership' bagi warga negara serta menjadikan warga negara untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab baik di dalam kehidupannya sebagai individu dan di lingkungan masyarakat. Kerjasama antar perguruan tinggi, mahasiswa, dan masyarakat akan mampu menghasilkan kontribusi yang sangat positif khususnya dalam segi berkembangnya potensi sumber daya manusia, berkembangnya wilayah/kawasan yang secara sadar ini dilakukan dan menjadi fokus utama untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: Mr Muhammad Mona Adha
Date Deposited: 07 Apr 2020 05:02
Last Modified: 07 Apr 2020 05:02
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19005

Actions (login required)

View Item View Item