Karunia, Meutia Nadia and Sulistyorini, Rahayu and Purba, Aleksander (2020) Analisis Risiko Daerah Rawan Kecelakaan Pada Perlintasan Sebidang Kereta Api (Studi Kasus: Perlintasan Tarahan – Perlintasan Sukamenanti). SEMINAR NASIONAL ILMU TEKNIK DAN APLIKASI INDUSTRI - SINTA 2019, 2 (1). pp. 54-62. ISSN 2655-2914

[img]
Preview
Text
PROSIDING_SINTA_2019-Published-2020.pdf

Download (19MB) | Preview
Official URL: http://sinta.eng.unila.ac.id/

Abstract

Tingkat kecelakaan antara para pengguna jalan dengan kereta api sebenarnya dapat ditekan seminimal mungkin karena lalu lintas kereta api tidak sepadat lalu lintas di jalan raya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik stated preference, Stated Preference adalah sebuah pendekatan dengan menyampaikan pernyataan pilihan (option) berupa suatu hipotesa untuk dinilai oleh responden. Dengan meggunakan teknik anlisis regresi, peneliti dapat melihat faktor-faktor dominan penyebab terjadinya kecelakaan di perlitasan kereta api khususnya perlintasan tarahan – perlintasan sukamenenati yang ada pada situasi yang dihipotesis. Untuk menentukan faktor-faktor dominan penyebab terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api berdasarkan hasil kuesioner terhadap instansi terkait dikomparasi dengan data jumlah angka kejadian kecelakaan kereta api pada tahun 2012-2017 yang didapat dari instansi terkait digunakan analisa regresi dengan bantuan program SPSS. Hasil analisa yang diperoleh adalah : (Jumlah Kejadian Kecelakaan Pada Tahun 2012-2017) = -9,256 + 0,008 X_12 + 0,009 X_6 + 0,011 X_10 + 0,015 X_5 Dari hasil analisa regresi faktor dominan penyebab terjadinya kecelakaan adalah Jalur Kereta yang tak memadai, ketersediaan gerbong yang minim, ketersediaan palang pintu yang kurang memadai, kerusakan mesin, faktor usia gerbong (X_12), Pengendara Kendaraan Kelelahan Fisik Pada Saat Mengendarai Kendaraannya (X_6), Kerusakan prasarana seperti rel yang aus, rel spaten (memuai), rel gongsol, rel gompal, sambungan rel retak, skilu pada rel, bantalan lapuk, ballast yang tidak rata/tidak sesuai, tirepont yang lepas, serta wesel yang tidak terkunci (X_10),Masinis Kelelahan Fisik/ Mengantuk Pada Saat Bertugas (X_5).

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Magister Teknik Sipil
Depositing User: ALEKSANDER ALEX PURBA
Date Deposited: 30 Mar 2020 01:11
Last Modified: 30 Mar 2020 01:11
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/18841

Actions (login required)

View Item View Item