MS, MAHRINASARI (2018) LEMBAR REVIEW HAKI BERBASIS LAPORAN PENELITIAN "Analisis Hubungan Segmentasi Demografi dan Loyaltias Merek (Studi pada Produk Tabungan Tiga Bank Umum Terbesar di Provinsi Lampung)". Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Republik Indonesia, Indonesia.

[img] Text (LEMBAR REVIEW HAKI LAPORAN PENELITIAN)
GABUNGAN LEMBAR REVIEW HAKI OLEH PROF SATRIA DAN PROF YULIANSYAH.pdf - Supplemental Material

Download (525kB)
Official URL: https://pdki-indonesia.dgip.go.id/index.php/hakcip...

Abstract

Variabel dalam penelitian ini adalah Segmentasi Demografi (x1) dan Loyalitas Konsumen (x2). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah segmentasi demografi berhubungan secara signifikan dengan loyalitas konsumen. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa loyalitas konsumen yang suka dan puas terhadap suatu produk tabungan disebabkan oleh kondisi fisik bangunan bank, penampilan dan pelayanan yang diberikan oleh para karyawannya, serta adanya faktor keandalan produk yang dapat menguntungkan konsumen tersebut. Selain itu, ditemukan pula bahwa loyalitas konsumen dapat meningkatkan nilai penjualan bank. Karena konsumen yang loyal terhadap suatu produk tabungan, akan meberitahu dan 28 mempengaruhi konsumen lain yang tidak memakai produk tersebut untuk beralih. Dalam penelitian ini juga ditemukan beberapa segmen pasar yaitu : Customer retention adalah suatu strategi untuk mempertahankan konsumen yang sudah memakai produk secara loyal. Melalui konsumen tersebut, perusahaan dapat menarik konsumen lain untuk memakai produknya. Konsumen entrenched merupakan konsumen yang sangat fanatik terhadap suatu produk. Konsumen average merupakan konsumen yang dapat berpindah ke produk lain apabila ada suatu bujukan atau promosi yang menarik. Konsumen shallow merupakan konsumen yang mempertimbangkan produk lain. Sedangkan konsumen convertible merupakan konsumen yang sangat mudah untuk berganti-ganti produk. Secara metode statistik yang digunakan untuk penelitian ini, adalah metode Cronbach Alpha yang digunakan dalam perhitungan ketepatan hasil penelitian. Tetapi yang dapat disimpulkan, loyalitas Merek Produk Tabungan Atas Dasar Penilaian 300 Responden pada 3 Bank Responden di Lingkungan Operasional Lampung (yaitu Mandiri, BNI, dan BCA), bahwa: a. nasabah yang termasuk tipe switcher (suka berpindah-pindah) sangat kecil. Hal ini berarti nasabah sudah merasa cocok dengan bank responden di atas, jadi tidak berminat untuk pindah bank lagi. 29 b. nasabah yang termasuk tipe habitual lebih banyak dibanding tipe switcher, tetapi hasil penelitiannya tidak banyak nasabah yang memilih bank responden hanya karena kebiasaan. c. nasabah yang termasuk tipe satisfied lebih banyak lagi dibanding tipe habitual, hal ini berarti nasabah puas terhadap bank tersebut, salah satunya puas dengan layanannya, ataupun bisa puas dengan produkproduk dan keuntungan-keuntungan yang di dapat. d. nasabah yang termasuk tipe liking the brand adalah tipe yang paling banyak, hal ini membuktikan bahwa memang merek dagang itu sangat berpengaruh, biasanya semakin merek dikenal, semakin menarik pelanggan (nasabah). apalagi di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya konsumtif dan suka barang bermerek yang sedang up to date.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Laporan Pengabdian LPPM
Depositing User: Mahrinasari MS
Date Deposited: 13 Mar 2020 08:51
Last Modified: 13 Mar 2020 08:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/18676

Actions (login required)

View Item View Item