Iqbal, Muhammad and Prabowo, Rizky and BN, Muhammad Bella (2019) Pelatihan Jaringan Komputer Berbasis Virtual Laboratorium Menggunakan GNS3 di SMK PGRI 2 Kedondong. In: SEMNAS FEB 2019, Lampung.

[img] Text
24.-Muhammad-Iqbal-Pelatihan-Jaringan-Komputer-Berbasis-Virtual-Laboratorium-Menggunakan-GNS3-di-SMK-PGRI-2-Kedondong.pdf

Download (366kB)

Abstract

Untuk memenuhi komptensi di bidang jaringan komputer materi pembelajaran tidak cukup diberikan dengan teori dikelas, akan tetapi harus didukung dengan praktikum di laboratorium. Praktikum bertujuan untuk membuktikan teori yang sudah dipelajari oleh di kelas. Untuk menunjang praktikum di laboratorium diperlukan penyediaan perangkat keras seperti sejumlah komputer, komponen-komponen pembangun jaringan komputer. Pada saat melakukan praktikum di laboratorium, seorang guru akan menjelaskan berbagai fungsi perangkat keras serta cara kerjanya dan mempraktekkannya dengan menggunakan peralatan secara fisik. Karena terbatasnya ruang laboratorium dan mahalnya perangkat tersebut, merupakan permasalahan tersendiri yang ada saat ini. Pihak laboratorium sekolah SMK TKJ dituntut aktif untuk mengembangkan model praktikum yang dapat menjadi solusi dari keterbatasan-keterbatasan ketersediaan peralatan sarana praktikum.Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan membangun Laboratorium Virtual yang dibangun menggunakan teknologi virtualisasi yaitu simulator GNS3. GNS3 memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, karena menggunakan operating sistem asli dari perangkat jaringan seperti mikrotik, cisco dan juniper. Sehingga seperti berada kondisi lebih nyata dalam mengkonfigurasi router langsung.Media laboratorium virtual ini diharapkan dalam proses praktikum lebih lebih menarik dan interaktif, mempersingkat waktu pembelajaran, dapat meningkatkan kualitas hasil belajar, menumbuhkan sikap positif guru dan siswa selama proses belajar yang dilakukan; serta dapat merubah peran tenaga pendidik ke arah yang lebih positif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: rizky prabowo
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:46
Last Modified: 06 Mar 2020 03:46
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/18402

Actions (login required)

View Item View Item