Bangsawan, Satria and MS, MAHRINASARI and Ambarwati, Dwi Asri Siti (2020) MODEL DESAIN PEMBINGKAIAN “ANTI MEROKOK” DI INDONESIA. In: international tobacco control research network, 5 agustus 2019, universitas indonesia. (Unpublished)

[img] Text
model desain pembingkaian pesan anti merokok di Indonesia.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://www.instagram.com/p/Bx1-fUchaIg/

Abstract

Konsumsi rokok di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, yang seharusnya semakin menurun sebagai akibat penetapan kebijakan Larangan pemasangan Iklan rokok di area Publik (PP. No. 109/2012),dan Penayangan Iklan di TV pada jam malam (Permenkes No 28 Tahun 2013). Kondisi konsumsi rokok ini jika tidak diantisipasi sedini mungkin, maka berpotensi bagi kesehatan masyarakat semakin buruk, terutama prevalensi rokok bagi usia remaja dan generasi anak anak di masa depan. Beberapa riset menemukan bahwa Pesan Bahaya Merokok perlu ditayangkan karena diyakini pesan bahaya merokok berpengaruh signifikan terhadap pembentukan kesadaran dan sikap “Anti Merokok” (O’Keefe dan Jensen, 2008; MS, 2011, MS et al., 2019), walaupun ada riset yang bertentangan bahwa Pesan Iklan “Anti Merokok” tidak diperlukan (Hastings dan McFadyen, 2002) karena masyarakat sudah sadar bahwa merokok berbahaya. Sementara itu, Richardson, et al. (2014) menemukan ada hubungan pembingkaian pesan “Anti Merokok” dan ingatan pada anak muda, tetapi masih sedikit riset yang berkaitan dengan orang dewasa. Schmitt dan Blass (2008) menungkapkan pesan negatif yang memunculkan rasa takut secara signifikan memengaruhi sikap, niat dan perilaku. Di sisi lain, pesan negatif yang menggugah penerima pesan takut, masih menjadi perdebatan dan belum dapat disimpulkan, seperti pemikiran Baron, et al. (1994); Meijnders, et al. (2001); Slater, et al. (2002). Oleh karena itu, riset ini perlu dilakukan sebagai riset longitudinal dan “mix method” untuk membuktikan apakah Sikap positif atas tipe pembingkaian pesan positif dan negatif memberikan efek pada pembentukan Niat Berhenti Merokok bagi usia remaja dan dewasa, dengan desain ekperimen dan survei. Tujuan ini dijawab dengan jenis desain riset eksperimen dan jenis desain survei. Sampel pada pelaksanaan eksperimen menggunakan 300 partisipan kelompok Remaja dan Dewasa. Sampel pelaksanaan survei menggunakan minimal 300 responden untuk mengukur efek Sikap pada pembentukan Niat atas jenis pesan Loss-Gain Framed. Pengumpulan data difasilitasi kuesioner dengan model analisis ANOVA.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Magister Manajemen
Depositing User: DWI ASRI siti ambarwati
Date Deposited: 04 Mar 2020 01:16
Last Modified: 04 Mar 2020 01:16
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/18237

Actions (login required)

View Item View Item