wiryawan, driya (2017) PENGARUH BRAND EXTENSION SABUN LIFEBOUY TERHADAP CITRA MERK DARI TRANSFORMASI BENTUK SABUNG BATANG KE BENTUK FOAM MENJADI BENTUK GEL. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 13 (1). pp. 17-41. ISSN 1411-9366
|
Text
JBM-Volume-13-No-1-Januari-2017.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Salah satu strategi inovasi dalam pemasaran adalah dengan perluasan merek/brand extension merupakan salah satu strategi untuk memperkenalkan merek yang sudah ada pada produknya dalam satu kategori baru baik itu dalam varian rasa ataupun dalam ukuran. Tujuan dari adanya penerapan perluasan merek ini adalah perusahaan mengharapkan merek yang sudah terkenal bisa mendorong dan meningkatkan penjualan serta konsumen tidak merasa asing lagi terhadap produk baru yang ditawarkan tersebut sehingga kehadiranya dengan cepat diterima konsumen. Konsumen memiliki anggapan bahwa produk perluasan akan memiliki kemiripan dengan produk induknya oleh karena itu kemiripan merupakan sebuah faktor penting dalam mempengaruhi persepsi konsumen untuk menerima produk perluasan dengan mudah dan juga akan membangun sikap positif terhadap merek perluasan tersebut dan dengan sikap positif yang ditunjukkan oleh konsumen maka secara tidak langsung atau langsung akan pula berpengaruh terhadap citra merek produk asalnya tersebut. Yang menarik dari perluasan produk Sabun Lifebouy ini adalah bagaimana pengaruh perluasan produk Sabun Batang menjadi Sabun cair, Sabun Foam dan gel berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek produk induk setelah melakukan strategi perluasan merek dan bagaimanakah persepsi konsumen tentang perluasan produk Sabun Lifebouy Sampel yang digunakan adalah orang-orang yang ada di wilayah Bandarlampung yang pernah pembelian terhadap Sabun Lifebouy dan produk perluasannya yaitu Sabun Batang, Foam dan Gel. Analisis regresi linier berganda adalah hubungan secara linear antara satu variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y). Analisis ini digunakan untuk mengetahui arah hubungan antara independen variabel dengan dependen variabel apakah positif atau negatif dan untuk memprediksi nilai dari dependen variabel apabila nilai independen variabel mengalami kenaikan atau penurunan. Data yang digunakan berskala Ordinal. Implikasi Managerial menunjukkan bahwa Perluasan merek memberikan pengaruh yang baik untuk citra merek, namun ada satu variable yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan, yakni Persepsi Kualitas. Variabel yang memiliki pengaruh tertinggi adalah Reputasi. Hal ini sangat dimungkinkan karena Merek Lifebouy adalah merek lama di masyarakat Indonesia, khususnya hadir di kalangan keluarga keluarga masyarakat Lampung, sehingga telah memiliki citra merek yang sangat kuat dan melekat. Kata Kunci: Perluasan Merek, Kemiripan, Reputasi, Persepsi Kualitas, Inovasi dan Citra merek.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen |
Depositing User: | DRIYA . WIRYAWAN |
Date Deposited: | 29 May 2017 06:31 |
Last Modified: | 29 May 2017 06:31 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1823 |
Actions (login required)
View Item |