Puspasari, Eny and Wulandari, Christine and Darmawan, Arief and Banuwa, Irwan Sukri (2017) PEER REVIEW RESULTS OF PAPER "Aspek Sosial Ekonomi pada Sistem Agroforestri di Areal Kerja Hutan Kemasyarakatan (Hkm) Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung". Jurnal Sylva Lestari, 5 (3). pp. 95-103. ISSN ISSN 2339-0913

[img]
Preview
Text
9. Aspek Sosek AF HKm_Ganjil 2017_18.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JHT/article...

Abstract

Hutan Kemasyarakatan (HKm) merupakan salah satu skema Perhutanan Sosial, dimana dalam pengelolaan areal kerjanya menerapkan sistem agroforestri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pendapatan dan tingkat kesejahteraan petani, kontribusi agroforestri terhadap pendapatan petani dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani yang melakukan agroforestri di areal kerja HKm. Penelitian dilakukan pada Bulan Juni-Agustus 2016 di Kelompok HKm Bina Wana, Rigis Jaya II dan Mitra Wana Lestari Sejahtera, Kabupaten Lampung Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan agroforestri berkontribusi terhadap pendapatan petani sebesar 66% dan sisanya dari sektor lain. Berdasarkan pendapatan dari kegiatan agroforestri diketahui bahwa 93% petani masuk dalam kategori sejahtera. Faktor yang berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani adalah luas lahan garapan, jumlah jenis tanaman yang sudah berproduksi dan pelatihan yang diikuti petani. Sesuai ketentuan maka luas lahan garapan petani dalam areal HKm tidak memungkinkan lagi untuk diperluas, oleh karenanya sebaiknya petani memperkaya dengan lebih banyak jenis tanaman multi guna dan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan sehingga pengelolaan lahan lebih optimal untuk meningkatkan pendapatan.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Magister Ilmu Kehutanan
Depositing User: CHRISTINE
Date Deposited: 20 Feb 2020 01:35
Last Modified: 20 Feb 2020 01:35
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/18093

Actions (login required)

View Item View Item