Helmi, Masdar and Widyawati, Ratna and Irianti, Laksmi and Annisa, Mufidah (2019) Sifat Mekanik Beton Reaktif yang Menggunakan Abu Sekam Padi sebagai Pengganti Sebagian Semen dan Perlakuan Perawatan Panas (Heat Curing). In: Seminar Nasional Inovasi, Teknologi dan Aplikasi (SeNITiA) 2019, 17-18 Oktober 2019, Universitas Bengkulu.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Helmi dkk-2019.pdf

Download (786kB) | Preview
Official URL: http://senitia.ft.unib.ac.id/wp-content/uploads/20...

Abstract

Beton reaktif (reactive powder concrete / RPC) dikembangkan dengan cara pengaturan komposisi material dan perawatan panas.. Penelitian tentang pemanfaatan limbah industri dalam campuran beton reaktif masih dibutuhkan untuk mengurangi penggunaan semen. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sifat mekanik beton reaktif yang menggunakan abu sekam padi sebagai pengganti sebagian semen dengan variasi perawatan panas. Variable penelitian berupa persentase penggantian semen (0, 10, 20, dan 30%) dan kondisi perawatan beton (di dalam air, diberi uap panas, dan dipanaskan dalam oven). Evaluasi meliputi sifat kelecakan adukan, kuat lentur dan kuat tekan beton reaktif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peningkatan persentase penggantian semen mengakibatkan kelecakan menurun. Kuat lentur beton reaktif optimum pada saat penggantian semen 10%. Kuat tekan beton umur 28 hari relative meningkat seiring dengan peningkatan persentase abu sekam jika perawatan dengan di rendam dalam air dan uap panas. Abu sekam berpotensi dapat menggantikan 30 % semen dalam campuran beton reaktif. Perawatan beton reaktif dengan sistem uap panas lebih baik dibandingkan lainnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: MASDAR HELMI, Ph.D.
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:23
Last Modified: 05 Feb 2020 02:23
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/17814

Available Versions of this Item

  • Sifat Mekanik Beton Reaktif yang Menggunakan Abu Sekam Padi sebagai Pengganti Sebagian Semen dan Perlakuan Perawatan Panas (Heat Curing). (deposited 05 Feb 2020 02:23) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item