ardi amto, AA and Chandra Ertikanto, CE and I Dewa Putu Nyeneng, IDPN Pengaruh Keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis aneka sumber belajar terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (1). pp. 28-38. ISSN 2337-5973

[img]
Preview
Text
Ardiamto - Unmetro.pdf

Download (477kB) | Preview
Official URL: http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/ind...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis aneka sumber belajar terhadap hasil belajar fisika siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMAN 1 Bangunrejo. Desain penelitian menggunakan One - shoot case study. Analisis data dilakukan dengan uji linearitas dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data, kemampuan siswa dalam menjawab permasalahan pada setiap indikator kemampuan berpikir kritis mempengaruhi hasil tes kemampuan keterampilan berpikir kritis. Hasil tersebut didukung dengan hasil uji yang telah dilakukan dan menunjukan bahwa terdapat pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran berbasis aneka sumber belajar (kompilasi buku, power point dan video pembelajaran) terhadap hasil belajar fisika siswa, yang ditunjukan oleh nilai r2 ( R Square ) sebesar 0,157 artinya keterampilan berpikir kritis memiliki pengaruh sebesar 15,7% terhadap hasil belajar. Sementara koefisien korelasi sebesar 0,396 dan persamaan regresi Y = 62, 961+ 0, 205X1 menunjukan bahwa koefisien regresi bernilai positif sehingga peningkatan satu skor keterampilan berpikir kritis siswa akan dapat meningkatkan skor hasil belajar siswa sebesar 63,166.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: I DEWA PUT
Date Deposited: 18 Nov 2019 07:10
Last Modified: 18 Nov 2019 07:10
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16789

Actions (login required)

View Item View Item