Oktafany, OF (2019) Perbedaan Kemampuan Active Learning dan Critical Thinking dalam Tutorial pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. MEDULA, medicalprofession journal of lampung university, 2 (1). pp. 13-18. ISSN 2339-1227
|
Text
Jurnal_oktafany.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
Tutorial terdiri dari dua kemampuan utama yang dibutuhkan yaitu active learning dan critical thinking. Saat ini kualitas tutorial menurun karena kurangnya kemampuan pelajar dalam berdiskusi dan pelajar menyampaikan konten diluar topik yang dibahas. Mahasiswa dengan tingkatan kelas yang lebih tinggi seharusnya memiliki kemampuan active learning dan critical thinking yang lebih dibandingkan dengan tingkatan kelas yang lebih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan active learning dan critical thinking pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini seluruh mahasiswa FK Unila yang dipilih dengan proportionate stratified random sampling. Skor active learning dan critical thinking yang diukur dengan kuesioner Self Assessment Scale on Active Learning and Critical Thinking (SSACT). Pada penelitian ini dilakukan wawancara pada responden secara acak untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi active learning dan critical thinking. Data dianalisis menggunakan uji One Way ANOVA dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil uji One Way ANOVA didapatkan p=0,054. Tidak didapatkan perbedaan kemampuan active learning dan critical thinking pada tingkatan akademik mahasiswa tahun pertama, kedua, ketiga dan keempat. Hasil wawancara menunjukan manajemen waktu dan motivasi merupakan fenomena yang paling banyak ditemukan mempengaruhi active learning dan critical thinking mahasiswa. Kata kunci: Belajar Aktif, Berpikir Kritis, Tutorial.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter |
Depositing User: | dr Oktafany |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 01:22 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 01:22 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16660 |
Actions (login required)
View Item |