Nurma Apriyana, NA and kartini herlina, KH and Abdurrahman, Abdurrahman PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERMBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika). ISSN 2550-0325

[img] Text
9332-24243-2-PB.pdf

Download (942kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Model yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memiliki validitas sangat baik. Hal tersebut dilihat berdasarkan rata-rata skor uji ahli materi dan desain sebesar 90,55% dan 87,58% dengan kualitas sangat baik. Uji keterbacaan pada kelas A dan B diperoleh rata-rata skor sebesar 82,27% dan 80,64% dengan kualitas sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dilihat dari nilai n-gain pada kelas A dan B sebesar 0,74 dan 0,78 dengan kategori sedang, dan nilai sig. pada uji paired sample t sebesar 0,00 pada kedua kelas. Guru dan siswa memberikan respon yang baik terhadap LKS yang dikembangkan. Simpulan penelitian ini adalah dihasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: KARTINI HE KH
Date Deposited: 18 Nov 2019 05:10
Last Modified: 18 Nov 2019 05:10
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16575

Actions (login required)

View Item View Item