Inastyarikusuma, Tarrinni and Oktafany, OF and Mayasari, Diana (2019) Perbedaan Skor Self-Directed Learning Readiness (SDLR) antara Tahun Pertama dan Tahun Ketiga Mahasiswa Angkatan 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 8 (1). pp. 17-24. ISSN 2337-3776

[img] Text
SDLR Tarini Majority Maret 2019.pdf

Download (756kB)

Abstract

Abstrak Self-directed learning (SDL) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang diterapkan di fakultas kedokteran. Metode ini menitikberatkan pada kemampuan inisiasi individu guna menghadapi masalah yang sedang dihadapi. Kemampuan tersebut dapat mengalami perubahan dari tahun ke tahun dan mempengaruhi performa pembelajaran mahasiswa selama perkuliahan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan longitudinal pada September-Desember 2016 menggunakan teknik sampling berupa total sampling dengan 209 responden yang merupakan mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Variabel independen adalah skor SDLR responden di tahun pertama dan variabel dependen adalah skor SDLR responden di tahun ketiga yang diukur dengan kuesioner Self-Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) modifikasi Zulharman et al. (2009). Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan α 0,05. Hasil didapatkan p value = 0,218 pada penelitian dengan skor retata SDLR yang didapat pada tahun pertama adalah 137 dan pada tahun ketiga adalah 136. Sehingga, didapatkan kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan skor SDLR antara tahun pertama dan tahun ketiga mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: mahasiswa tahun pertama, mahasiswa tahun ketiga, pembelajaran mandiri, self-directed learning The Difference of Self-Directed Learning Readiness (SDLR) Score between the First and the Third Year of 2014 Batch in Medical Faculty of Lampung University Abstract Self-directed learning (SDL) is one of many learning strategies used in medical faculty. This strategy requires individual’s ability to initiate, with or without the help of others, to solve the problems they faced. Such ability may change from year to year and affect the learning performance of students during the lectures. This study was conducted using longitudinal approach from September to December 2016. The respondents are 209 students from 2014 batch in Medical Faculty of Lampung University. The independent variable is the SDLR score of respondent in the first year and the dependent variable is the SDLR score in the third year. Both variables are measured using Self-Directed Learning Readiness (SDLR) questionnaire modified by Zulharman et al. (2009) which are analyzed using Wilcoxon test with α 0,05. p value obtained from the study is 0.218 with the mean score of the first year is 137 and the third year is 136.Therefore, in conclusion there is no difference of SDLR score between the first and third year in 2014 batch in Medical Faculty of Lampung University. Keywords: first year, self-directed learning, self-learning, third year

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: dr. Diana Mayasari
Date Deposited: 18 Nov 2019 05:09
Last Modified: 18 Nov 2019 05:09
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16542

Actions (login required)

View Item View Item