Nawangsasi, Devi and Syafrudin, Ulwan (2019) MENINGKATKAN PEMAHAMAN ORANG TUA DAN GURU TENTANG HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN SEMINAR PENDIDIKAN. PAUD Lectura, 3 (1). pp. 29-34. ISSN 2598-2524

[img] Text
3340-Article Text-7986-1-10-20191031.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectur...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan pemahaman orang tua dan guru tentang hakikat pendidikan anak usia dini melalui kegiatan seminar pendidikan. Sedangkan fokus penelitiannya adalah; (1) Bagaimana gambaran obyektif pemahaman orang tua dan guru tentang hakikat pendidikan anak usia dini di TK PTPN VII Trikora Lampung Selatan?, (2) Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan seminar yang dapat meningkatkan pemahaman orang tua dan guru tentang hakikat pendidikan anak usia dini?, (3) Bagaimana pemahaman orang tua dan guru tentang hakikat pendidikan anak usia setelah mengikuti kegiatan seminar di TK PTPN VII Trikora Lampung Selatan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu; 1) perencanaan 2) tindakan 3) evaluasi 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dengan menggunakan beberapa instrumen, yaitu; observasi, wawancara, catatan lapangan dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah diadakannya seminar tentang hakikat pendidikan anak usia dini mengalami perubahan atau peningkatan secara bertahap dalam setiap siklusnya. Orang tua dan guru menyadari bahwa pembelajaran yang sesungguhnya di jenjang pendidikan anak usia dini yaitu belajar melalui bermain, sebab anak usia dini adalah masanya bermain, belum mampu berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama. Rekomendasi ditujukan kepada para guru dan orang tua dalam mengembangkan keterampilan anak usia dini agar dapat berlangsung sesuai ciri anak masing-masing baik dari aspek usia maupun keunikan pribadinya. Adalah sangat ideal bila orang tua dan guru dapat menyediakan alat permainan yang bervariasi. Kata kunci: Pemahaman orang tua dan guru, hakikat pendidikan anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: M.Pd. Ulwan Syafrudin
Date Deposited: 15 Nov 2019 02:37
Last Modified: 15 Nov 2019 02:37
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16458

Actions (login required)

View Item View Item