Lumbanraja, Favorisen R and Nurrahma, N and Heningtyas, Yunda and Andrian, Rico (2019) PENGENALAN RUMAH ADAT TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. In: Seminar Nasional Sains, Matematika, Informatika dan Aplikasinya (SNSMIAP 2019), 24 Oktober 2019, Bandar Lampung. (Submitted)

[img] Text
makalah nurrahma.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://snsmiap.fmipa.unila.ac.id/2019/

Abstract

adat merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku atau masyarakat. Rumah adat Indonesia terdiri atas beraneka ragam ciri khas dari tiap-tiap daerah. Kuatnya arus budaya asing yang masuk ke Indonesia bahkan memberikan ancaman terhadap upaya pengembangan dan pelestarian adat serta budaya lokal. Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan pendekatan yang cukup menantang untuk menambahkan dimensi baru pada bidang seni dan konservasi budaya. AR secara umum adalah teknologi yang menggabungkan citra nyata dan citra visual, interaktif secara real time, dan menunjukan citra visual dengan dunia nyata. Dalam penelitian ini, marker-based AR diimplementasikan menggunakan metode Tangible User Interface (TUI) untuk memvisualisasikan 34 rumah adat indonesia. TUI merupakan suatu antarmuka yang memungkinkan seseorang dapat berinteraksi dengan suatu informasi digital lewat lingkungan fisik. Aplikasi ini berbasis Android dan dikembangkan menggunakan metode pengembangan sistem extreme programming (XP). Tahapan dalam XP yaitu planning, design, coding, dan testing. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Unity3D dengan SDK Vuforia sedangkan rumah adat dalam aplikasi ini dibangun menggunakan SketchUP 2018. Hasil pengujian menggunakan blackbox testing adalah valid untuk setiap skenario uji sehingga mengindikasikan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai fungsinya. Pengujian menggunakan user acceptance testing juga dilakukan dengan melibatkan 30 responden dan menunjukkan bahwa 60% responden memilih sangat setuju, dan 40% responden memilih setuju terhadap pernyataan aplikasi dapat direkomendasikan kepada masyarakat Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: Favorisen R Lumbanraja
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:04
Last Modified: 14 Nov 2019 11:04
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16176

Actions (login required)

View Item View Item