Nama, Gigih Forda and Pamungkas, Ayu Dian and ., Mardiana and Septama, Hery Dian
(2019)
RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI KOLEKSI PERMAINAN AKSARA LAMPUNG (KOPER APUNG)BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE SCRUM.
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6 (4).
pp. 421-430.
ISSN p-ISSN: 2355-7699
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Salah satu bentuk keragamanbudayanyaadalahbahasa daerah yang berbeda di setiap wilayah. Bahkan, pada beberapa daerah tertentu memiliki aksarakhusus dalam penulisan, salah satunya yaitu aksara Lampung. Ada berbagai macam cara yang biasa dilakukan untuk melestarikan penggunaan aksara dan bahasa daerah, salahsatunya dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini menghasilkan sebuah produkgameedukasi belajar bahasa dan aksara Lampung(KOPER APUNG) berbasis android dengan metode scrumdan menggunakan gameengineconstruct2. Dari 3kali proses iterasisprintyang dilakukan, menghasilkan sebuah gameedukasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.Pengujian portabilitymenunjukkanbahwagamedapat berjalan padaperangkat android minimum versi 4.1. Pengujian functionalitymenunjukkan aset game100% dapat berjalan baik. User acceptancetestdengan melibatkan 25 responden, menunjukkan predikat sangat baik dengan persentase 95,77%. Pengujian efficiencymenunjukkan gamemenggunakan CPU rata-rata sebesar 15% dan RAM 400 MB. Sedangkan pada tahap evaluasi, tingkat kelulusan responden meningkat dari sebelumnya 36 % menjadi 96%. Sehingga, gameiniefektif digunakan sebagai salah satu media belajar Aksara Lampung.
Kata kunci: android, construct 2, metode scrum, game edukasi, aksaralampung
Available Versions of this Item
-
RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI KOLEKSI PERMAINAN AKSARA LAMPUNG (KOPER APUNG)BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE SCRUM. (deposited 11 Feb 2020 09:08)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |