Yusuf Perdana, Yusuf Perdana and Sumargono, Sumargono and Valensy Rachmedita, Valensy Rachmedita (2019) Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah. Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah, 8 (2). pp. 79-98. ISSN 2580-9180
|
Text
INTEGRASI SOSIOKULTURAL SISWA DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH.pdf Download (599kB) | Preview |
Abstract
Abstrak : Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat integrasi sosiokultural siswa dalam pendidikan multikultural melalui pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yakni dengan melakukan analisis kritis terhadap fenomena-fenomena sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obsevarsi, wawacara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan analisis data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Analisis data digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa di sekolah SMA Negeri 3 Surakarta guru sejarah sudah mengintegrasikan sosiokultural siswa dalam pendidikan multikultural melalui pembelajaran sejarah dengan mengingat dan mempelajari kerusuhan yang dipicu oleh perbedaan hingga peristiwa-peristiwa bersejarah lainnya yang dilatar belakangi oleh konflik etnis seperti Kerusuhan di Kota Surakarta hingga seperti peristiwa Sumpah Pemuda yang dipelopori oleh berbagai macam etnis, suku dan agama. Kata Kunci : Sosiokultural Siswa, Multikultural, Pembelajaran Sejarah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Depositing User: | yusuf perdana |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 10:15 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 10:15 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16161 |
Actions (login required)
View Item |