Roslina, Roslina (2016) ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK (STUDI PADA PRODUK ELEKTRONIK ASAL KOREA DAN JEPANG). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 12 (1). pp. 302-313. ISSN 1411-9366

[img]
Preview
Text
JBMVol 12 Jan 2016.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Globalisasi membawa dampak yang besar pada kehidupan masyarakat Indonesia terutama dari segi ekonomi. Masuknya berbagai barang ke Indonesia memberikan alternatif bagi konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan serta selera mereka, salah satunya produk elektronik. Produk elektronik Korea dan Jepang dipersepsikan oleh konsumen memiliki kualitas yang baik. Makin banyaknya alternatif pilihan produk elektronik yang berasal dari Jepang dan Korea membuat perusahaan harus dapat bersaing untuk dapat merebut hati konsumen serta memenangkan persaingan. Salah satu cara yang digunakan untuk memenangkan persaingan yaitu dengan pertarungan persepsi. Produk yang dipersepsikan oleh konsumen memiliki kualitas yang lebih baik akan memenangkan persaingan tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang dirumuskan pada penelitian ini: Apakah terdapat perbedaan persepsi kualitas antara produk elektronik asal Korea dan Jepang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan persepsi konsumen terhadap produk elektronik asal Korea dan Jepang. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah: Ada perbedaan persepsi Kualitas produk AC Korea dan Jepang. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna produk AC asal Korea dan Jepang di Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini sebanyak 200 orang responden dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Kuesioner disebarkan kepada 100 orang responden pengguna AC Korea dan 100 orang pengguna AC Jepang. Analisis ini dilakukan secara kualitatif dan secara kuantitatif. Analisis data secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji beda (uji t) untuk melihat perbedaan persepsi konsumen terhadap AC Korea dan AC Jepang, analisis secara kualitatif menggunakan distribusi frekuensi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi kualitas produk AC AC Korea dan AC Jepang. Hal ini terlihat dari delapan variabel kualitas produk, terdapat tujuh variabel kualitas produk yang dipersepsikan berbeda oleh reponden, yaitu kinerja, kesesuaian, kehandalan, daya tahan, pelayanan, estetika serta kualitas produk yang dirasakan oleh konsumen. Pengalaman yang menyenangkan ketika menggunakan produk AC Jepang membuat konsumen mempersepsikan produk AC Jepang memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan produk lainnya. Kata Kunci: Persepsi, Kualitas Produk

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Roslina Roslina .
Date Deposited: 05 May 2017 02:58
Last Modified: 05 May 2017 02:58
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item