Nurhanurawati, Nurhanurawati and Viyanti, Viyanti and Tia, Agnesa and Wayan, Rumite (2019) WORKSHOP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR YANG MELIBATKAN PEMIKIRAN INTUITIF SISWA BAGI GURU SMA SE-PROVINSI LAMPUNG. In: Pengabdian Pada Masyarakat, September-Oktober 2019, Provinsi Lampung. (Unpublished)

[img] Text
LAP_AKHIR_NURHANURAWATI_FKIP_PKM_SKEMA_DISEMINASI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi fokus dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran Matematika dan Fisika di SMA. Hal ini dapat dicapai jika guru mampu memfasilitasi pembelajaran dengan menggunkan bahan ajar yang melibatkan pemikiran intuitif guna mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hanya saja, temuan di lapangan menyatakan bahwa guru-guru masih mengabaikan intuisi siswa dan tidak memfasilitasi siswa untuk mengembangkan intuisinya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar yang melibatkan pemikiran intuitif yang memfasilitasi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk workshop. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap persiapan, pengabdi melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi dilapangan mengenai bahan ajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran dan merencanakan kegiatan pengabdian. Tahap selanjutnya merupakan tahap pelaksanaan kegiatan pengembangan bahan ajar pelajaran Matematika dan Fisika yang melibatkan pemikiran intuitif. Pada tahap evaluasi, dilakukan evaluasi atas hasil yang telah dicapai oleh peserta workshop. Masukan dan perbaikan lebih lanjut dapat dilakukan pada tahap ini. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah 27,5% peserta workshop mencapai kemampuan baik sekali, 22,5% berkemampuan baik, 12,5% terkategori memiliki kemampuan yang cukup, dan 37,5% peserta kemampuannya kurang. Sebagian besar peserta yang memiliki kemampuan kurang berasal dari luar Kota Bandar Lampung. Harapan kedepan, tentunya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat menjangkau daerah terdalam, terluar, dan tertinggal di Provinsi Lampung sehingga dapat terjadi transfer pengetahuan yang mengarah pada pemerataan kualitas pendidikan di Provinsi Lampung.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurhanuraw NURHANURAWATI
Date Deposited: 14 Nov 2019 10:58
Last Modified: 14 Nov 2019 10:58
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15864

Actions (login required)

View Item View Item