Pandjaitan, Dorothy Rouly H. (2005) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Penabung Non-PNS Tabungan “Siger Mas”. Masters thesis, Universitas Padjadjaran.
|
Text
MASTER TESIS-DOROTHY RHP.pdf Download (838kB) | Preview |
Abstract
Fenomena persaingan di era globalisasi semakin mengarahkan sistem perekonomian suatu negara ke mekanisme pasar bebas dimana semua pelaku usaha saling berkompetisi. Salah satu upaya untuk mengembangkan dan merebut pangsa pasar adalah melalui merek produk. Dalam kondisi persaingan seperti itu, perkembangan bisnis jasa perbankan saat ini ditandai oleh kecenderungan makin bingungnya nasabah karena banyaknya alternative pilihan produk yang ditawarkan oleh bank. Dengan adanya produk unggulan seperti yang dimiliki PT. BPD Lampung, yaitu “Siger Mas”, akan dapat menempatkan PT. BPD Lampung untuk mempunyai produk tabungan berdaya saing tinggi dalam persaingan jasa perbankan. Dalam situasi seperti itu, upaya-upaya pemasaran yang taktis merupakan tuntutan pasar dan suatu keharusan agar produk perusahaan dapat bertahan dalam pasar yang bersaing itu. Ekuitas merek merupakan variable yang dikendalikan oleh kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas dan loyalitas merek. Penelitian ini terutama ditujukan untuk menganalisis unsur-unsur ekuitas yang paling berpengaruh terhadap loyalitas nasabah non PNS tabungan “Siger Mas” yang ada di beberapa cabang di Propinsi Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat verifikatif dan bersifat deskriptif eksploratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Unit analisis dalam penelitian ini adalah nasabah Non-PNS Tabungan “Siger Mas” di beberapa cabang Kota Bandar Lampung, dengan menggunakan 100 nasabah Non-PNS sebagai responden terpilih. Analisis data penelitian ini menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas nasabah pada umumnya kuat dalam pandangan nasabah. Disamping itu, tanggapan sebagain besar responden terhadap pengaruh ekuitas merek: kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas dan loyalitas merek mendapat penilaian yang relatif baik. Nasabah juga memberikan penilaian yang baik mengenai kinerja perusahaan, namun upaya-upaya peningkatan mutu produk harus selalu dilakukan untuk tetap memenangkan loyalitas nasabahnya. Kata Kunci: Ekuitas merek, loyalitas nasabah, produk jasa unggulan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Dr DOROTHY ROULY PANDJAITAN |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 11:22 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15719 |
Actions (login required)
View Item |