Dwi Yulianti, Dwi and Herpratiwi, Herpratiwi and Sultan Djasmi, Sultan (2013) PENGEMBANGAN MODEL DIKLAT PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS LEARNING PADA GURU-GURU SDN DI PROPINSI LAMPUNG. Universitas Lampung, Bandar Lampung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Lap Akhir.U.PT.13-dikompresi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://simlitabmas.ristekdikti.go.id

Abstract

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah 1) membangun kerjasama antara dosen-dosen IP FKIP Unila, sehingga dapat membantu mengatasi permasalah yang dihadapi oleh guru-guru SDN di propinsi Lampung dalam menulis karya ilmiah, 2) membangun kerjasama antara dosen-dosen IP FKIP Unila dengan sekolah dasar negeri di propinsi Lampung, sehingga dapat membantu mengatasi permasalah yang dihadapi oleh guru-guru dalam menulis karya ilmiah, dan 3) memberi altenatif mengenai model diklat penulisan karya ilmiah berbasis learning yang bisa dijadikan salah satu acuan bagi penyelenggaraan diklat. Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah menghasilkan model diklat penulisan karya ilmiah berbasis learning yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik guru-guru sekolah dasar negeri di propinsi Lampung. Produk model diklat mencakup 1) kurikulum diklat penulisan karya ilmiah 2) desain diklat penulisan karya ilmiah, 3) lembar kegiatan guru, 4) buku ajar diklat penulisan karya ilmiah dan 5) media penulisan karya ilmiah, dan 6) meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar negeri di propinsi Lampung dalam menulis karya ilmiah berbasis learning. Metode yang akan dipakai dalam pengembangan ini menggunakan model R & D yang terdiri dari tahapan-tahapan kegiatan prosedur pengembangan dan uji coba produk. Prosedur pengembangan model diklat penulisan karya ilmiah berbasis learning dibagi dalam beberapa tahap, yaitu tahap tahun pertama berupa kegiatan penelusuran dan pengumpulan informasi, perencanaan dan pengembangan format. Tahap tahun pertama direncanakan diusulkan untuk dilanjutkan pada tahun kedua. Kegiatan tahun kedua terdiri dari kegiatan uji coba. Uji coba dibagi dalam 3 tiga tahap yaitu, 1) uji ahli isi, ahli desain, 2) uji coba perorangan dan kelompok kecil, dan 3) uji coba lapangan terbatas. Hasil pengembangan tahun pertama berupa prototype atau draf 1) kurikulum, 2) diklat penulisan karya ilmiah PTK berbasis learning, 3) bahan ajar, 4) LKG dan 5) media pembelajaran diklat penulisan karya ilmiah berbasis learning.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: DWI YULIAN
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:23
Last Modified: 14 Nov 2019 11:23
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15596

Actions (login required)

View Item View Item