Pandjaitan, Dorothy Rouly H. (2019) SIKAP KONSUMEN DALAM BELANJA ONLINE PENERAPAN MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI. In: SEMNAS FEB 2019, 24 Oktober 2019, Hotel Horison Lampung.

[img]
Preview
Text
SIKAP KONSUMEN DALAM BELANJA ONLINE-SEMNAS DOROTHY 2019.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi membawa dampak pada perubahan perilaku manusia. Hadirnya teknologi memberikan pemahaman akan fitur yang ditawarkan untuk melakukan aktifitas secara online guna memenuhi kebutuhan manusia dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sikap konsumen dalam berbelanja online. Data yang digunakan adalah data primer. Adapun tehnik pengumpulan datanya digunakan melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah melakukan pembelian barang dan jasa menggunakan internet, sedangkan tehnik sample menggunakan purposive sampling sebanyak 200 responden. Untuk melihat hubungan antar variabel digunakan melalui uji statistik dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (smart PLS 3.0). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persepsi kemudahan penggunaan berhubungan signifikan terhadap sikap konsumen dalam belanja online. Persepsi kegunaan berhubungan tidak signifikan terhadap sikap konsumen dalam belanja online persepsi resiko berhubungan tidak signifikan terhadap sikap sikap konsumen dalam belanja online. Persepsi kemudahan berhubungan signifikan terhadap niat belanja ulang pada situs online. Persepsi kegunaan berhubungan tidak sinifikan terhadap niat belanja ulang pada situs online. Persepsi resiko berpengaruh positif terhadap niat belanja ulang pada situs online. Sikap berhubungan tidak signifikan terhadap niat belanja ulang pada situs online. Hal ini membuktikan bahwa sikap konsumen belum menyadari bahwa kemudahan dan kegunaan serta resiko dalam memutuskan menggunakan kembali. Kemudahan dan resiko masih menjadi faktor yang membuat konsumen bertransaksi secara online dan sepenuhnya dapat dijelaskan melalui model TAM. Kata kunci : Sikap , Technology acceptance model (TAM), Persepsi kemudahan, Persepsi kegunaan, Persepsi resiko, Niat belanja ulang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Dr DOROTHY ROULY PANDJAITAN
Date Deposited: 14 Nov 2019 10:55
Last Modified: 14 Nov 2019 10:55
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item View Item