Marchantia, Annisa and Kaskoyo, Hari and Herwanti, Susni (2019) SALURAN PEMASARAN KOPI ROBUSTA (Coffea robusta) DI AGROFORESTRI PEKON AIR KUBANG, KECAMATAN AIR NANINGAN, KABUPATEN TANGGAMUS. Jurnal belantara, 2 (2). pp. 77-83. ISSN E-ISSN 2614-3453

[img] Text
183-555-2-PB annisa Marchantia.pdf

Download (361kB)

Abstract

Sistem agroforestri, dengan produk berupa kopi robusta, dapat meningkatkan pendapatan dan kelestarian lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui saluran pemasaran kopi robusta. Pengambilan data melalui wawancara dengan para pelaku atau lembaga yang terlibat, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif mengenai struktur, perilaku, dan saluran pasar. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa lembaga pemasaran, yaitu: petani, pedagang pengumpul, pedagang besar, pengecer, dan koperasi. Selain itu, terdapat tiga saluran pemasaran kopi robusta, yaitu: (1) petani ke pedagang pengumpul, lalu pedagang besar dan pengecer, (2) petani ke koperasi, lalu pengecer, dan (3) petani ke koperasi. Saluran yang paling efisien adalah saluran yang ke-tiga, namun sebagian besar petani memilih menjual hasil panen kopinya ke saluran pertama. Hal ini karena jarak yang lebih dekat ke pedagang pengumpul, adanya pemberian pinjaman uang yang diberikan kepada petani oleh pedagang pengumpul, serta tidak adanya perlakuan khusus terhadap kopi yang dijual. Struktur pasar yang terbentuk dalam pemasaran kopi adalah pasar oligopsoni, dimana harga kopi ditentukan oleh pedagang besar. Kapasitas koperasi sebaiknya ditingkatkan oleh pemerintah agar dapat bersaing dengan pedagang pengumpul, pedagang besar, dan pengecer.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Kehutanan
Depositing User: SUSNI HERW
Date Deposited: 05 Nov 2019 10:53
Last Modified: 05 Nov 2019 10:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

View Item View Item