Pandjaitan, Dorothy Rouly H. and PANJINEGARA, PRAKARSA and wiryawan, driya PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENCIPTAKAN PELAKU WIRAUSAHA INOVATIF BERBASIS KOMPETENSI WILAYAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KANVAS DI DESA MULYOSARI KECAMATAN WAY RATAI KABUPATEN PESAWARAN. Seminar Nasional Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. ISSN 978-602-0860-12-1 (Unpublished)

[img] Text
PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENCIPTAKAN PELAKU WIRAUSAHA INOVATIF BERBASIS KOMPETENSI WILAYAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KANVAS DI DESA MULYOSARI KECAMATAN WAY RATAI K.pdf

Download (71kB)

Abstract

Pemanfaatan potensi desa di sejumlah daerah di Indonesia yang dapat menjadi suatu modal untuk membuka lapangan usaha bagi masyarakat masih belum optimal. Hal ini disebabkan karena kurangnya edukasi dan program-program pengembangan serta pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat di pedesaan. Business Model Canvas adalah sebuah model bisnis gambaran logis mengenai bagaimana sebuah organisasi menciptakan,menghantarkan dan menangkap sebuah nilai. Canvas ini membagi business model menjadi 9 buah komponen utama. Dengan menggunakan BMC (Bussines Model Canvas) para masyarakat serta pelaku wirausaha dapat menciptakan strategi pemetaan yang lebih baik untuk mencapai tujuan dan membuat usaha dapat bertahan lama. BMC dapat membantu masyarakat serta wirausaha untuk mengenali apa yang menjadi value proposition perusahaan, serta bagaimana membangun dan menjalankan key activities dankey resources dalam menciptakan value proposition dan mendapatkan revenue streams, memahami bagaimana produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan dapat dikomunikasikan dengan baik kepada konsumen hingga sampai ketangan konsumen untuk dikonsumsi. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat serta pelaku wirausaha tentang bisnis model canvas ini dapat diterapkan baik dalam pemetaan kewirausahaan kecil, dan menengah keatas secara merata untuk mengembangkan usaha dalam mendapatkan laba usaha yang maksimal, serta dapat bertahan dalam kompetisi yang ada. Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dihadiri oleh 30 orang peserta yang merupakan penduduk desa Mulyosari Kecamatan Way Ratai. Selama proses pelatihan dengan menggunakan pendekatan partisipatif melalui pendekatan langsung, masyarkat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan pelatihan. Pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat sangat terkait dengan materi pelatihan yang merupakan materi yang baru bagi masyarakat. Sebelum diberi materi pelatihan, peserta terlebih dahulu mengisi kuesioner untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta tentang model bisnis kanvas. Setelah diberikan materi kewirausahaan dengan menggunakan model kanvas, para peserta lebih memahami dan mengetahui manfaat pelatihan guna menciptakan kegiatan usaha yang inovatif berbasis kompetensi wilayah. Kata Kunci: Pelatihan kewirausahaan, Inovatif, Kompetensi daerah, Model Bisnis Kanvas.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Dr DOROTHY ROULY PANDJAITAN
Date Deposited: 05 Nov 2019 10:51
Last Modified: 05 Nov 2019 10:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15421

Actions (login required)

View Item View Item