Sari, Yunita and Emmawaty Sofia, ES and Tasviri Efkar, TE EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (1). ISSN ISSN: 2302-1772

[img] Text
18468-42137-1-PB_2.pdf

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimentdengan pretest-posttest control grup design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Efektivitas inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain kemampuan literasi kimia yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi kimia siswa tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa inkuiri terbimbing efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: inkuiri terbimbing, literasi kimia, larutan elektrolit dan non elektrolit

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 05 Nov 2019 10:49
Last Modified: 05 Nov 2019 10:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15386

Actions (login required)

View Item View Item