Sari, Eka Novita and Rudibyani, Ratu Betta and Emmawaty Sofia, ES Pengaruh LKS Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (1). ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
18287-41713-1-PB_2.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah non eqivalence pretes-postes control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen, yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian terdiri dari nilai pretes, postes dan n-Gain. Besarnya pengaruh LKS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dihitung menggunakan rumus uji pengaruh (effect size). Hasil analisis data dan perhitungan menunjukkan bahwa LKS yang diterapkan pada kelas eksperimen memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis problem solving berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: LKS berbasis problem solving, keterampilan berpikir kritis, larutan elektrolit dan non elektrolit.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 05 Nov 2019 10:49
Last Modified: 05 Nov 2019 10:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15376

Actions (login required)

View Item View Item