Dwi Yulianti, Dwi and Herpratiri, Herpratiwi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK LINGKUNGAN GUNA MEMINIMALKAN TERJADINYA MISKONSEPSI. FKIP Unila, Bandar Lampung. (Unpublished)

[img] Text
Laporan BLU Unila 2019 baru.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://semnas.fkip.unila.2019

Abstract

Menurut Layng (2013) memang tidak mudah untuk mengajar konsep IPA kepada siswa, karena jika tidak tepat akan menimbulkan kesalahpamahan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya masalah ini, salah satunya adalah konsep IPA bersifat abstrak dan untuk membangun sesuatu yang abstrak melalui pengamatan fakta-fakta yang ada sering terjadi kesalahan pemahaman terhadap konsep yang dibangun. Hasil penelitian ini berlaku pula pada pembelajaran IPA di propinsi Lampung. Hasil observasi yang dilakukan pada siswa SMA di kota Bandar Lampung menunjukkan peluang terjadi miskonsepsi siswa pada pemahaman konsep IPA, sangat besar. Untuk mengatasi peluang terjadinya miskonsepsi pada siswa dibutuhkan media pembelajaran yang berlandaskan strategi pembelajaran dan sesuai dengan karakteristik siswa serta mampu memfaktualkan konsep IPA yang abstrak secara tepat. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mencari solusi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Solusi berupa pengembangan media IPA yang sesuai dengan strategi pembelajaran dan karakteristik siswa di propinsi Lampung serta mampu memfaktualkan konsep IPA yang abstrak. Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah 1) dihasilkan media pembelajaran, 2) meningkatkan kemampuan dosen mempublikasikan artikel hasil penelitian dalam jurnal bereputasi dan seminar nasional atau internasional, dan 3) membantu guru meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development (R & D). Dimulai dari analisis kebutuhan sampai uji lapangan dan revisi. Oleh karena keterbatasan waktu yang disediakan pada pengajuan penelitian hibah BLU Unila, maka penelitian ini dilakukan sampai tahap uji validasi isi, perorangan dan kelompok kecil. Tahap uji lapangan tetap dilakukan untuk tahun berikutnya. Kegiatan penelitian yang dilakukan terdiri dari tahap-tahap prapenelitian, perencanaan, pengembangan, dan uji validasi. Uji validasi meliputi uji ahli, uji desain dan uji keterbacaan. Luaran penelitian yang dihasilkan adalah 1) media pembelajaran IPA berbasis strategi pembelajaran konstruktif dan sesuai dengan karakteristik siswa guna meminimalkan terjadinya miskonsepsi, luaran berupa buku ajar dan LKPD, 2) artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal nasional SINTA 4, dan 3) artikel ilmiah terpublikasikan di proseding seminar nasional. Kata kunci: media pembelajaran, pembelajaran IPA

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: DWI YULIAN
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:47
Last Modified: 04 Nov 2019 07:47
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15339

Actions (login required)

View Item View Item