Sembiring, Ari Aprita and Gumay Yudha, Indra and Santoso, Trio and Qurniati, Rommy (2019) KEGIATAN PEMANFAATAN LAHAN PADA LAHAN IZIN PINJAM PAKAI DI KAWASAN HUTAN NEGARA. In: Seminar Nasional Biologi, Lampung. (Unpublished)

[img] Text (Seminar Paper)
KEGIATAN PEMANFAATAN LAHAN PADA LAHAN IZIN PINJAM PAKAI DI KAWASAN HUTAN NEGARA UNTUK LAHAN PERTANIAN OLEH PENGUNGSI GUNUNG SINABUNG 4.docx - Draft Version
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (199kB)

Abstract

Kawasan hutan negara beralih fungsi menjadi lahan pertanian dengan mengajukan izin pinjam pakai untuk peruntukan lahan pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kegiatan pemanfataan lahan izin pakai kawasan hutan negara untuk lahan pertanian oleh pengungsi Gunung Sinabung. Penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi langsung dengan informan dipilih secara sengaja (purposive sampling) sebanyak 30 orang dari tiga desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lahan yang dikelola oleh pengungsi setiap kepala keluarga memperoleh lahan seluas 0,5 ha, penentuan pembagian luas lahan tersebut dilakukan melalui kesepakatan antara pemerintah dalam hal ini BNPB dengan pengungsi pada tiga desa yang direlokasi yaitu desa Simacem, Bekerah, dan Sukameriah. Ketentuan lainnya yaitu lahan hanya dapat digunakan selama 20 tahun dengan status pinjam pakai. Kegiatan pemanfaatan lahan seperti penentuan sistem pola tanam dan jenis tanaman dilakukan tanpa adanya keterlibatan pemerintah didalamnya. Sistem pola tanam pada lahan pengungsi menggunakan pola tanam polikultur. Jenis tanaman yang dominan pada lahan tersebut adalah kopi arabika, wortel kentang, jeruk, brokoli, kembang kol, bawang dan alpukat. Kegiatan pemanfaatan lahan yang dilakukan oleh pengungsi bersifat mandiri dan komposisi jenis tanamannya adalah tanaman pertanian. Sistem pemanfaatan lahan dapat optimal apabila sinergitas antar lembaga terkait dapat terwujud dengan baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Kehutanan
Depositing User: trio santoso
Date Deposited: 04 Nov 2019 08:28
Last Modified: 04 Nov 2019 08:28
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15076

Actions (login required)

View Item View Item