Butar Butar, Rudianto and Dirmawati, Suskandini R. and Nurdin, Muhammad and Suharjo, Radix (2019) IDENTIFIKASI JAMUR PADA BUAH NENAS (Ananas comosus L.) KULTIVAR MD2 PADA BERBAGAI TINGKAT KEMASAKAN. Jurnal Agrotek Tropika, 7 (2). pp. 397-404. ISSN 2337-4993

[img] Text
3263-8020-1-SM_3.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JA

Abstract

ABSTRAK Nenas (Ananas comosus) merupakan salah satu komoditas yang dikembangkan di provinsi Lampung. Jenis nenasyang dikembangkan di Lampung diantaranya adalah kultivar MD2. Tingkat kemasakan buah ketika dipanen akan mempengaruhi mutu buah.Tingkat kemasakan buah nenas yang biasa digunakan untuk standar panen adalah stadium kacang hijau atau <10%, masak 10 – 15%, dan masak 25%. Diindikasikan terdapat kaitan antara tingkat kemasakan buah nenas dengan inten sitas serangan patogen. Penyakit pasca panen hingga kini belum mendapat perhatian yang memadai di negara berkembang kehilangan hasil pasca panen mencapai 50% atau lebih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jamur-jamur yang terdapat pada buah nenas dengan tingkat kemasakan< 10%, 10 - 15%, 25% dan > 75%. Pengambilan sampel buah nenas dilakukan di PT. NTF Lampung. Selanjutnya isolasi dan pengamatan mikroskopik patogen dilaksanakan di Laboratorium Proteksi Tanaman, Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian dilaksanakan bulan Agustus 2015 - Oktober 2015.Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya jenis jamur yang berbeda pada tingkat kemasakan nenas berturutan adalah tingkat kematangan <10% yaitu Aspergillus sp., Penicillium sp, Trichoderma sp., tingkat kematangan 10-15% yaitu Aspergillus sp., Penicillium sp.,Trichoderma sp., tingkat kematangan 25% yaitu Aspergillus sp., Penicillium sp., Trichoderma sp dan jamur Curvularia sp serta tingkat kematangan 75100% yaitu Aspergillus sp.,Penicillium sp.,Fusarium sp.dan Curvularia sp.Curvularia sp. sudah termasuk kedalam jamur pasca panen tanaman nenas dimana sebelumnya hanya terdapat pada pertanaman nenas saja.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Agrotek Tropika
Uncontrolled Keywords: Nenas, pasca panen, jamur, identifikasi, Aspergillus sp., Penicillium sp., Trichoderma sp., Fusarium sp.dan Curvularia sp.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Proteksi Tanaman
Depositing User: SUSKANDINI RATIH DIRMAWATI
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:22
Last Modified: 04 Nov 2019 07:22
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/14865

Actions (login required)

View Item View Item