Novaldy, Rafian and Warganegara, Efrida and oktaria, dwita (2019) Hubungan antara Learning Approach dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. MEDULA, medicalprofession journal of lampung university, 9 (1). pp. 134-139. ISSN 2339-1227

[img] Text
Rafian 2019.pdf

Download (722kB)

Abstract

Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Dalam pembelajaran terdapat bagian hal penting yaitu prestasi belajar, karena prestasi belajar yang baik ditentukan dengan pembelajaran yang baik pula. Proses belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, karena prestasi belajar merupakan proses belajar yang mengandung unsur penghitungan nilai, hasil jalannya dan takaran kecakapan yang dicapai suatu saat. Salah satu indikator dari prestasi belajar adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Beberapa faktor mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah learning approach yaitu pendekatan belajar dimana merupakan perilaku nyata perseorangan sebagai pelajar dalam mempelajari materi yang menunjuk pada tingkat hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara learning approach dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling. Didapatkan sampel sejumlah 174 orang dan digunakan kuesioner Revised Study Process Questionnaire 2 Factors (R-SPQ-2F). Data hasil IPK didapatkan dari bagian akademik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Didapatkan hasil sebanyak 63 orang (36,2%) dengan surface approach dan 111 orang (63,8%) dengan deep approach. Untuk data IPK didapatkan predikat memuaskan sebanyak 52 orang (29,7%), predikat sangat memuaskan sebanyak 93 orang (53,1%) dan predikat dengan pujian sebanyak 30 orang (17,1%). Lalu dilakukan analisis menggunakan chi-square didapatkan p value 0,001 (<0,05). Sehingga didapatkan adanya hubungan learning approach dan IPK mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: DWITA OKTA
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:31
Last Modified: 04 Nov 2019 03:31
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/14733

Actions (login required)

View Item View Item