Hasnunidah, Neni and Juli Wiono, Wisnu (2019) ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY, GENDER, DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI. In: Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2019, 28 September 2019, FKIP Universitas Lampung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
KUMPULAN ABSTRAK SEMINAR NASIONAL FKIP 2019.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/0B4OB6zDuNAfXNEVXS...

Abstract

Argumentasi dianggap oleh para pendidik sains sebagai komponen utama pendidikan sains. Siswa sekolah menengah pertama (SMP) perlu diberdayakan keterampilan argumentasinya sebagai upaya dalam menjawab tantangan terhadap persaingan global. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keterampilan argumentasi antara siswa pria dan wanita dalam pembelajaran sains dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI) dan inkuiri terbimbing. Subyek penelitian ini adalah 116 siswa (71 pria dan 88 wanita) kelas VIII pada beberapa SMP di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design sebagai bagian dari desain eksperimen semu. Kelompok eksperimen belajar dengan menggunakan model ADI dan kelompok kontrol belajar dengan model inkuiri terbimbing. Data dikumpulkan menggunakan tes esai keterampilan argumentasi, kuesioner keterlaksanaan sintaks pembelajaran, dan kuesioner tanggapan peserta terhadap pembelajaran. Analisis data digunakan uji ANCOVA dan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ADI menyebabkan peningkatan keterampilan argumentasi yang signifikan pada siswa kelas VIII dalam konteks sains Pencapaian keterampilan argumentasi pada siswa wanita lebih tinggi daripada siswa pria. Ketika siswa didorong untuk menyatakan klaim dan mendukung klaim mereka dengan data, penjamin, dan pendukung, diamati bahwa wacana argumentatif mereka sangat berkembang baik dalam struktur dan kompleksitas argumentasi. Sehubungan dengan temuan, disarankan bahwa kegiatan membangkitkan argumentasi melalui inkuiri harus dikembangkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang sains dan keterampilan argumentasi siswa baik pria maupun wanita.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: NENI HASNU
Date Deposited: 04 Nov 2019 08:22
Last Modified: 04 Nov 2019 08:22
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item