eka, sofia agustina (2015) POTRET PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Jurnal Pendidikan Progresif, 5 (2). pp. 143-260. ISSN 2087-9849
|
Text
JURNAL PENDIDIKAN PROGRESIF VOL 5.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Potret Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama Kota Bandar Lampung. Perencanaan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Metode yang digunakan adalah deskripsi-analisis. Berdasarkan jumlah SMP di Bandarlampung 143 sekolah, Sekolah Menengah Pertama yang telah melaksanakan kurikulum 2013 berjumlah 6, tiga SMP Negeri, (SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 13) sedangkan SMP Swasta (SMP Dharma Bangsa, SMP Global Surya, dan SMP Tunas Mekar sedangkan selebihnya belum melaksanakan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwa 8.33% SMP Negeri telah menggunakan RPP Kurikulum 2013, sedangkan 91,67% belum menggunakan. Selanjutnya, SMP Swasta yang telah menggunakan Kurikulum 2013 baru 2,80% dan yang belum menggunakan 97,2%. Secara keseluruhan, SMP di Bandarlampung yang melaksanakan Kurikulum 2013 adalah 11,13% dan 88,87% yang belum menggunakan RPP berkurikulum 2013. Berkaitan dengan hal itu, pencapaian ideal rumusan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis 2013 di SMP sudah pada taraf 88,87% dengan ketidakidealan dengan konsep yang ada 11,13%. Kata kunci: kurikulum 2013, perencanaan pembelajaran bahasa indonesia,potret
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Eka .Sofia Agustina |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 08:24 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 08:24 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1459 |
Actions (login required)
View Item |