Fadly, Romi and Dewi, Citra and Yohannes, Yohannes and Armijon, Armijon and Rahmadi, Eko (2015) Pelatihan Pengunaan Perangkat Lunak Pemetaan bagi Siswa Negeri 2 bandar Lampung Jurusan Survey dan Pemetaan. Fakultas Teknik Universitas Lampung. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Pengabdian - Pelatihan Pengunaan Perangkat Lunak Pemetaan bagi Siswa Negeri 2 bandar Lampung Jurusan Survey dan Pemetaan)
Laporan - Pengabdian-Pelatihan SMKN2 2015.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://lppm.unila.ac.id/

Abstract

Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak Pemetaan bagi Siswa SMK Negeri 2 Bandar Lampung Jurusan Survey dan Pemetaan dilaksanakan sebagai bentuk dukungan Universitas Lampung dalam hal ini Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil, Program Studi Diploma III Teknik Survey dan Pemetaan terhadap peningkatan sumber daya manusia pada SMK Negeri 2 Bandar Lampong. Kegiatan yang bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam penggunaan perangkat lanak untuk pemetaan mulai dari pengolahan sampai dengan penyajiannya. Kegiatan ini diiaksanakan dari tanggal 13 sampai dengan 15 November 2015. Tim pelaksana kegiatan pengabdian ini terdiri dari Romi Fadly, S.T., M.Eng, Citra Dewi, S.T., M.Eng., Ir. Yohannes, M.T., Armijon, S.T.,M.T., dan Eko Rahmadi, S.T., M.T. Metode yang digunakan dalam pelatihan antara lain memberikan serta melakukan pelatihan pengolahan data hingga penyajiannya. Data yang digunakan peserta merupakan hasil pengukuran, data tersebut diolah dan disajikan menggunakan perangkat lunak pemetaan. Materi yang diberikan pada kegiatan pelatihan ini meliputi: Pemetaan situasi (disampaikan oleh Ir. Yohannes, M.T.), klasifikasi pengukuran. tinggi, profil memanjang dan melintang (disampaikan oleh Eko Rahmadi, S.T., M.T.), Tutorial cara penggunaan perangkat lunak pemetaan (disampaikan oleh Romi Fadly, S.T.,M.Eng.), Tutorial Pembuatan Kontur (disampaikan oleh Armijon, S.T., M.T.) dan Tutorial pembuatan peta cross section (disampaikan oleh Citra Dewi, S.T., M.Eng.) Evaluasi hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa yang sangat signifikan (63,86%) dilihat dari hasil Pre Test yaitu 18,9% dan Post Test pelatihan sebesar 82,76%.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Pemetaan bagi siswa SMKN 2, Pengabdian D3 Teknik Survey dan Pemetaan, Perangkat Lunak Pemetaan bagi Siswa SMK, Pengabdian di SMKN 2
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi D3 Survey dan Pemetaan
Depositing User: Armijon Armijon
Date Deposited: 30 Aug 2019 08:13
Last Modified: 30 Aug 2019 08:13
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13988

Actions (login required)

View Item View Item