Armijon, Armijon and Indrawati, Widy and Setyanto, Setyanto and Perangin Angin, Geleng and Rahmadi, Eko and Purba, Aleksander (2018) Pemodelan Analisis Spasial Aliran Lahar Dingin Untuk Mitigasi Bencana Gunung Api Merapi. Fakultas Teknik Universitas Lampung. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text (Laporan Penelitian Lahar Dingin Merapi)
Armijon-LAPORAN Penelitian DIPA FT 2018 Lahar Dingin Merapi.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://armijon.com/

Abstract

Satu dekade terakhir Gunung Merapi hampir rutin meletus dengan skala kecil maupun sedang. Erupsi Gunungapi Merapi pada tanggal 26 November 2010 yang mengakibatkan 334 orang meninggal dan 7.129 rumah mengalami kerusakan. Akibat erupsi tersebut volume lahar dingin yang ada di puncak Gunung Merapi makin besar dan mencapai 150 juta meter kubik (Mei 2018) dan Jika terjadi letusan sangat besar atau hujan yang sangat lebat dapat berakibat kemungkinan terjadinya banjir lahar dingin yang berpotensi memakan korban jiwa. Sebagai upaya membantu tanggap darurat dan mitigasi bencana lahar dingin Merapi maka perlu dilakukan pemetaan mitigasi bencana lahar dingin merapi. Jika terjadi bencana banjir lahar dingin merapi apa saja yang diterjang lahar dingin tersebut? apakah akan mengenai permukiman penduduk yang berdampak berpotensi memakan korban jiwa? Berapa volume lahar dan waktu yang di perlukan lahar untuk sampai kepermukiman penduduk? bagaimana rencana jalur evakuasi saat terjadi peringatan dini banji lahar dingin merapi?. Mitigasi bencana banjir lahar dingin merapi tersebut diharapkan dapat terjawab dengan pendekatan pemodelan aliran lahar dingin secara spasial analis dengan penerapan beberapa skenario untuk mengetahui berapa banyak daerah yang terdampak aliran lahar, berapa luasan area pada tata guna lahan yang terdampak aliran lahar, mengetahui berapa volume dan waktu yang diperlukan lahar untuk sampai di pemukiman, dimana akhirnya diharapkan dapat disusun peta mitigasi bencana banjir lahar dingin merapi. Hasil penelitian ini (identifikasi dampak lahar dingin terhadap potensi korban jiwa dan peta mitigasi bencana lahar dingin) diharapkan dapat menjadi sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah dan masyarakat di daerah penelitian untuk membantu mitigasi bencana lahar dingin merapi sehingga dapat menekan korban jiwa semaksimal mungkin, lebih jauh model yang dihasilkan diharapkan dapat diterapkan juga untuk memodelkan mitigasi bencana banjir lahar dingin gunung-gunung api lainnya di Indonesia.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemodelan Analisis Spasial Aliran Lahar, Simulasi Aliran Lahar Dingin Gunung Api, Mitigasi Bencana Lahar Dingin Gunung Merapi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Geodesi
Depositing User: Armijon Armijon
Date Deposited: 30 Aug 2019 08:13
Last Modified: 30 Aug 2019 08:13
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13969

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item