Sofia, Ari and Anggraini, Gian Fitria and Fatmawati, Nia (2019) PENGASUHAN ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2019. pp. 649-658. ISSN 978-602-0860-31-2

[img]
Preview
Text
Prosiding SemNasPend FKIP Unila Maret 2019.pdf

Download (905kB) | Preview
Official URL: http://semnaspend.fkip.unila.ac.id/prosiding/

Abstract

Perkembangan moral anak perlu dikembangan sejak dini. Agar anak dapat bersikap dan bertindak secara benar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya tindakan kekerasan yang terjadi di Indonesia. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui persepsi orangtua terhadap perkembangan kecerdasan moral anak dan gaya pengasuhan orangtua dalam membangun kecerdasan moral. Desain yang digunakan study deskriptif dengan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu skala gaya pengasuhan orangtua dan skala kecerdasan moral anak. Penelitian ini dilaksankan pada bulan April sampai Oktober 2017 di desa Taman Fajar, kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Subjek penelitian ini adalah orangtua terutama ibu yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Berjumlah 30 orang. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan moral anak 10% kategori rendah, 60% kategori sedang dan 30% kategori tinggi. Sedangkan gaya pengasuhan orangtua yang digunakan dalam membangun kecerdasan moral anak terutama gaya pengasuhan otoritatif 23% kategori rendah, 30 % kategori sedang, 34% kategori tinggi dan 13% kategori sangat tinggi. Kata Kunci: anak, pengasuhan, moral

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: ARI SOFIA
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:04
Last Modified: 04 Nov 2019 02:04
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13429

Actions (login required)

View Item View Item