Muhammad, Meizano Ardhi and ., Mardiana and Nama, Gigih Forda and Mulyani, Yessi (2019) PEMBUATAN POSTER SIKLUS HIDUP KUPU-KUPU SUMATRA UNTUK MEMBANGUN KESADARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI TAMAN KUPU-KUPU GITA PERSADA. In: Senapati 2019, 24 April 2019, Bandar Lampung.

[img] Text
meizano-senapati-presentasi.pdf

Download (523kB)
Official URL: http://senapati.eng.unila.ac.id/

Abstract

Kesadaran masyarakat mengenai kupu-kupu penting untuk dibangun agar konservasi dapat terlaksana dengan sukses dan berkelanjutan. Salah satu cara membangun kesadaran masyarakat adalah melalui marketing kit seperti poster pendidikan. Pembuatan poster pendidikan untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya konservasi kupu-kupu Sumatra perlu dilakukan. Tahapan kegiatan yang dilakukan terdiri dari 3 tahap, yaitu Diskusi Kebutuhan dengan Masyarakat, Pembuatan Poster Kupu-Kupu Sumatra, dan Pengukuran Kesadaran Pentingnya Konservasi Kupu-Kupu. Kegiatan pembuatan poster dilakukan berkoordinasi dengan ahli kupu-kupu Sumatra dan menggunakan metode pemaparan informasi yang tepat sasaran. Tolak ukur capaian dilakukan menggunakan observasi dan wawancara untuk mengetahui kesesuaian tujuan dengan capaian. Dibuat 2 poster terkait siklus kupu-kupu. Poster dicetak dalam ukuran A3 dan diperbanyak yang kemudian dipasang di Taman Kupu-Kupu Gita Persada dan juga disediakan sebagai souvenir. Hasil dari kegiatan adalah terbantunya Taman Kupu Gita Persada dalam membantu mensosialisasikan mengenai konservasi kupu-kupu tanpa harus berinteraksi penuh dengan pengunjung. Masyarakat menjadi tahu pentingnya kupu-kupu sebagai indikator keanekaragaman hayati dan merasa perlu untuk peduli terhadap pelestarian alam dalam menjaga keanekaragaman hayati.

Item Type: Conference or Workshop Item (Keynote)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Laporan Pengabdian LPPM
Depositing User: MEIZANO AR
Date Deposited: 26 May 2019 01:39
Last Modified: 26 May 2019 01:39
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item