Intan, Damaya and Hanriko, Rizki and larasati, T A Studi Diagnostik Ultrasonografi dalam Mendiagnosis Nodul Tiroid di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. MEDULA, medicalprofession journal of lampung university. ISSN 2339-1227

[img] Other (Studi Diagnostik Ultrasonografi dalam Mendiagnosis Nodul Tiroid di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung)
2168 - Published Version

Download (43kB)

Abstract

Nodul tiroid merupakan suatu neoplasia endokrin, yang meningkat sesuai dengan bertambahnya usia dan lebih banyak terjadi pada perempuan. Lokasi anatomi kelenjar tiroid yang unik yaitu berada di superficial, dengan mudah dapat dideteksi baik melalui pemeriksaan fisik maupun dengan menggunakan media diagnostik salah satunya adalah ultrasonografi. Nilai diagnostik untuk pemeriksaan ultrasonografi di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek belum diketahui secara pasti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai diagnostik pemeriksaan ultrasonografi dalam mendiagnosis nodul tiroid pada pasien di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober-November 2016 di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Perhitungan rumus sampel minimal didapatkan 47 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa hasil data rekam medis pasien dengan nodul tiroid. Penelitian ini menggunakan penelitian uji diagnostik dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian uji diagnostik yang didapatkan adalah sensitivitas 71,42%; spesifisitas 50%; Nilai Duga Positif (NDP) 51,72%; Nilai Duga Negatif (NDN) 70%; Rasio Kemungkinan Positif (RKP) 1,42; Rasio Kemungkinan Negatif (RKN) 0,56; dan Akurasi 59,18%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemeriksaan ultrasonografi belum bisa menjadi suatu alat diagnostik yang baik, namun dapat dijadikan sebagai alat screening.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: dr Rizki Hanriko
Date Deposited: 23 May 2019 07:15
Last Modified: 23 May 2019 07:15
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13120

Actions (login required)

View Item View Item